Materi Bimtek Penanaman Modal
Bimtek Penanaman Modal Daerah merupakan kegiatan pelatihan teknis tentang pengembangan daerah dari luar daerah maupun dalam daerah itu sendiri. Sehingga diharapkan mampu mendongkrak peningkatkan kegiatan ekonomi yang baik.

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Ini adalah kebalikan dari divestasi pada aset yang lama. Penanaman modal daerah selain dibutuhkan perizinan, perencanaan, regulasi dan implementasi dalam mendukung investasi yang menguntungkan daerah berjalan tumbuh dan berkembang diperlukan profesional yang dapat menangani perizinan, perencanaan, regulasi dan implementasi.

Penanaman modal bisa dilakukan oleh siapa saja baik bentuknya perseorangan ataupun perusahaan, baik itu penanam modal yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Penanam Modal dari Dalam Negeri adalah perorangan yang merupakan warga negara Indonesia, atau perusahaan dalam negeri yang melakukan penanaman modal di Indonesia. Sedangkan Penanam Modal Asing adalah siapa saja baik itu personal ataupun perusahaan yang asalnya dari luar negeri dan melakukan penanaman modal di Indonesia.

Dalam menjalankan usaha penanaman modal akan dilaksanakan langsung oleh lembaga pemerintah non kementerian, yaitu Badan Koordinasi Penanaman Modal atau disingkat BKPM. Kepala BKPM bertanggung jawab langsung kepada Presiden untuk mempertanggungjawabkan dan menyampaikan pelaporan mengenai Penanaman Modal di Daerah atau lingkup wilayah Indonesia.

Proses penanaman modal biasanya dilaksanakan oleh daerah dari pejabat pemerintah yang memiliki jabatan lebih tinggi atau dari pusat. Kemudian dilaksanakan melalui program pelayanan terpadu satu pintu atau biasa disingkat PTSP, dimana pelayanan ini merupakan proses perizinan dengan dikelola mulai dari tahapan permohonan hingga terbitnya dokumen melalui BKPM.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kegiatan penanaman modal, maka anda bisa mengikuti Bimtek Penanaman Modal yang akan diselenggarakan oleh Pusdiklat Pemendagri secara bertahap di tahun ini. Dimana kami akan memberikan fasilitas untuk menunjang proses pelatihan sehingga peserta bisa fokus pada pembelajarannya.

Kami juga telah menyediakan narasumber terbaik dari pemerintahan ataupun tenaga pengajar profesional yang akan membawakan materi dengan lebih mengacu kepada pemberian pemahaman secara langsung kepada peserta.

Jika anda ingin mendaftarkan diri dalam pelatihan Penanaman Modal, silahkan simak dulu kilasan materi dan juga jadwal bimtek dibawah ini.

Materi

  • Manajemen Penanaman Modal Daerah Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.
  • Optimalisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM)
  • Strategi Penyusunan Dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah.
  • Strategi Penyusunan Dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah
  • Manajemen Penanaman Modal Daerah Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah
  • Optimalisasi Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE)
  • Pedoman Perencanaan, Regulasi dan Implementasi Sistem Informasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan
  • Metode Penyusunan Laporan Kegiatan.

KLIK JADWAL BIMTEK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *